Why WordPress? Mengapa WordPress?

Why WordPress? Mengapa WordPress?Why wordpress ?? Atau dalam bahasa Indonesia biar diartikan mengapa WordPress?? Pertanyaan ini sering saya pada menerima konsultasi dari para klien atau calon klien. Hal yang wajar ditanyakan, sebab banyak dari para klien ini mengetahui bahwa saya dapat men-develop website untuk mereka dalam bentuk HTML + CSS, PHP, MySQL atau menggunakan CMS lainnya selain WordPress.

Why WordPress atau Mengapa WordPress ??

Jadi why wordpress alias mengapa harus menggunakan wordpress ?? Jika Anda mengetikkan kata “why wordpress” di Google, Anda bisa mendapatkan banyak artikel yang bisa menjelaskan keunggulan dari WordPress, baik ketika digunakan sebagai blog, website perusahaan, bahkan website e-commerce.

Rata-rata di artikel yang Anda temukan di Google pasti membahas sejumlah keunggulan WordPress, yang apabila dirangkum kira-kira sebagai berikut :

  1. Plugin. Banyak artikel yang menyukai WordPress karena ketersediaan plugin yang sangat banyak. Mulai dari yang Premium alias berbayar, sampai dengan yang gratis. Bahkan plugin-plugin yang gratis pun banyak yang sangat berkualitas dan membuat website WordPress Anda semakin berkualitas.
  2. Themes. Artikel-artikel tersebut juga menyukai WordPress karena banyaknya themes atau skins yang tersedia, tentu ada yang versi Premium dan juga yang gratis. Themes yang gratisan juga banyak yang berkualitas. Untuk wordpress theme yang gratis ini, Anda bisa melihat koleksi free wordpress themes yang pernah saya develop.
  3. SEO friendly. WordPress lebih bersahabat dengan search engine seperti Google, Bing atau Yahoo.
  4. Komunitas. WordPress sebagai CMS yang bersifat open source memilik para penggemar, baik dari sisi developer maupun user.  Hal ini mendorong terbentuknya komunitas yang sehat, dimana setiap orang saling bertukar ilmu dan pengalaman, dan mendorong pertumbuhan wordpress ke arah yang lebih baik.

Ke 4 hal di atas adalah hal yang paling banyak dibahas ketika sebuah artikel membahas Why WordPress ??

Tapi tentu saja saya tidak mungkin menyebutkan ke-4 hal tersebut ke klien saya setiap kali mereka menanyakan Mengapa wordpress ?? Tidak semua klien saya mengerti teknologi atau bisa disebut gaptek. Mereka hanya pengen mengetahui berapa ROI (Return of Investment) dan berapa lama ROI nya.

Jadi pada artikel ini saya akan membahas masalah Mengapa WordPress atau Why WordPress ini ditinjau dari sisi user (pemilik website dan pengunjung website), sisi SEO atau internet marketing dan dari sisi developer.

Mengapa WordPress ditinjau dari sisi user (pengunjung website)

  1. Speed. Pengunjung website akan sangat mencintai website WordPress karena rata-rata website standar WordPress bisa di-load sempurna dalam waktu yang relatif singkat. Untuk kecepatan internet di Indonesia yang rata-rata berkecepatan 128 kbps – 384 kbps, website bisa dibuka maksimal 7 detik.
  2. Navigasi. WordPress dikembangkan dengan memberikan kemudahan navigasi bagi user (pengunjung ), sehingga pengunjung dapat dengan jelas mengerti setiap link yang ada.
  3. Social Network atau bersosialiasi. WordPress dilengkapi dengan plugin yang memudahkan para pengunjung untuk membagikan (Share) artikel yang mereka sukai dari website tersebut dengan mudah. Tinggal klik tombol sosial network nya.

Mengapa WordPress ditinjau dari sisi user (pemilik website) atau business owner

  1. Kemudahan menjalankan website. Bagi para pemilik website, WordPress memungkinkan para pemilik website awam, yang tidak punya latar belakang IT untuk menjalan websitenya. Backend dari wordpress sangat mudah untuk dimengerti dan dioperasikan. Ketersediaan plugin yang banyak makin memudahkan para pemilik mengatur fitur-fitur apa yang hendak dimiliki oleh websitenya. Banyaknya themes yang tersedia juga memudahkan untuk berganti tampilan websitenya.
  2. Hemat waktu dan biaya. Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh WordPress menghemat waktu operasional. Update berita atau content tidak lagi membutuhkan waktu yang lama seperti website konvensional. Operasional yang mudah ini juga membuat para pemilik website jadi hemat biaya, karena tidak perlu staff IT khusus hanya untuk meng-update berita atau artikel di websitenya.
  3. Pengaturan waktu yang lebih baik. WordPress dibekali dengan fitur time management, dimana Anda dapat mengatur kapan artikel Anda hendak dipublikasikan. Jadi Anda sangat dimungkinkan untuk mengerjakan artikel atau udpate produk selama seminggu ke depan dengan mengerjakannya selama 3-4 jam aja. Sisa waktu lainnya bisa Anda gunakan untuk mengerjakan proses bisnis lainnya.
  4. Peluang bisnis yang lebih besar. Kecintaan search engine terhadap wordpress memungkinkan website WordPress disatronin (di-crawl dan di-index) oleh Google bot. WordPress memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berada di posisi strategis di hasil pencarian Google bila dibandingkan dengan CMS atau format website lainnya. Ini membuka peluang bisnis atau usaha Anda lebih maju.

Mengapa WordPress ditinjau dari sisi online marketing

  1.  SEO Friendly. WordPress yang SEO friendly mempermudah proses online marketing. Para SEO spesialis tidak perlu mempelajari kode-kode IT yang kompleks. Para SEO spesialias bisa dengan gampang mengubah isi konten atau struktur WordPress untuk keperluan SEO on page.
  2. SEO plugin. Ketersediaan SEO plugin yang Premium atau gratis sangat membantu proses SEO di website WordPress. Plugin-plugin ini memperkuat WordPress yang SEO friendly menjadi SEO dominator di berbagai search engine. Namun sisi negatifnya, terkadang tweak atau setting plugin yang terlalu berlebihan membuat website WordPress nya gampang terkena banned atau masuk sandbox. Kalau kata orang bijak mengenai hal ini, “Use with your own risk”.
  3. Hemat waktu. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, SEO friendly dan ketersediaan plugin Social Networking memudahkan proses online marketing, khususnya social media marketing.
  4. Dukungan dari pihak ke tiga. Aplikasi web marketing lainnya sangat mendukung proses online marketing. Email autoresponder, subscriber, opt-in form dan lain-lain yang berfungsi dalam proses onilne marketing sangat mendukung WordPress. Mereka selalu menyediakan widget atau plugin yang bisa digunakan untuk menghubungkan aplikasi mereka dengan website wordpress.

Mengapa WordPress ditinjau dari sisi developer

  1. Hemat waktu. WordPress telah memiliki class dan function sendiri yang bisa langsung dipakai dan mempercepat proses development.
  2. Plugin. Plugin-plugin yang tersedia sangat membantu para developer untuk mengembangkan sebuah website yang kompleks. Developer bisa tidak perlu mengerjakan satu modul atau bagian, cukup menggunakan plugin yang telah tersedia, dan usaha atau tenaga bisa digunakan untuk mengerjakan bagian lainnya.
  3. Komunitas developer yang sehat. Komunitas developer yang berkembang di seluruh dunia membentuk komunitas yang sehat.
  4. Peluang bisnis. Para developer bisa menggunakan jasanya untuk membangun bisnis sendiri. Anda tentu pernah mendengar ada orang yang sukses dari bisnis menjual plugin atau themes.
  5. WordPress itu sendiri. WordPress yang telah dikembangkan dengan sebaik mungkin oleh Automattic bisa digunakan oleh para developer secara gratis. Namun walaupun gratis, perusahaan ini terus berkembang dan bertahan.

Demikian yang bisa saya jabarkan mengenai keuntungan menggunakan wordpress. Jadi apabila para pembaca, kebetulan punya pertanyaan yang sama, Why WordPress atau Mengapa sih pakai WordPress, sudah bisa mendapatkan jawabannya sesuai dengan posisi masing-masing.

Written on Thursday, December 13th, 2012 under : Wordpress with tags : ,


One Response

06/02/2015

WordPress memang recomended selain blogger


    Leave a Reply :

  • Name :
  • Email :
  • URL :
  • Comment :


Search