Inbound Marketing, Bukan Barang Baru

inbound marketing

inbound marketingAkhir-akhir ini mulai banyak dipopulerkan istilah inbound marketing. Inbound marketing dianggap sebagai bagian dari marketing.

Apakah Inbound Marketing?

Inbound marketing adalah suatu konsep marketing baru untuk mendapatkan perhatian, melakukan branding atau memasarkan produk atau jasa serta meningkatkan penjualan. Apakah perusahaan Anda atau Anda membutuhkan inbound marketing ?? Pertama yang harus diketahui adalah inbound marketing itu sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. Sebenarnya banyak para pelaku bisnis atau marketing telah melakukannya sejak dulu.

Contoh strategi inbound marketing adalah membuka usaha laundry di kawasan sekitar kos-kosan mahasiswa. Atau membuka jasa laundry helm di tempat parkir mall atau pasar.

Inbound marketing strategi di online akan memastikan produk atau jasa Anda mudah ditemukan oleh calon pembeli yang membutuhkan jasa atau produk tersebut. Ini kebalikan dari outbound marketing yang mengirimkan informasi mengenai produk atau jasa Anda, padahal orang yang dikirimkan informasi tersebut belum tentu membutuhkannya.

Kombinasi antara inbound marketing dan outbound marketing

Cara orang berbisnis selalu berubah dari tahun ke tahun. 20 tahun yang lalu, calon pembeli pasti akan membuka buku telepon atau Yellow Pages untuk mencari informasi mengenai barang atau jasa yang hendak dibeli. 10 tahun yang lalu, pembeli mulai mencari informasi melalui search engine seperti Google atau yahoo. Tapi sekarang calon pembeli mencari informasi mengenai barang atau jasa yang hendak dibeli melalui social media. Menanyakan komentar teman-temannya di social media mengenai barang atau jasa yang mau dibeli.

Jadi untuk melakukan inbound marketing Anda harus melakukan riset dan menentukan kira-kira calon pembeli produk atau jasa Anda berada di mana. Di internet, calon pembeli biasa dapat dijaring melalui Search Engine (Google, Bing, Yahoo) dan social media.

Keuntungan melakukan inbound marketing adalah Anda tidak perlu meninggalkan cara-cara outbound marketing. Jika memang Anda sedang dalam proses outbound marketing, Anda tidak perlu menghentikannya. Outbound marketing tersebut bisa dikombinasikan dengan inbound marketing. Anda bisa menawarkan ke para pelanggan Anda untuk bergabung dengan komunitas online Anda misalnya di forum atau Facebook page. Semakin banyak pelanggan yang bergabung dengan komunitas online Anda maka semakin besar efek dari inbound marketing yang dihasilkan. Ini menjanjikan lebih banyak pembeli potensial bagi bisnis Anda di masa yang akan datang.

Jadi, apakah Anda tertarik melakukan inbound marketing ??

One Comment on “Inbound Marketing, Bukan Barang Baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *