Email Marketing – Earth Element

email marketing

Artikel email marketing ini merupakan penjabaran dari 5 elemen inbound marketing. Pada artikel sebelumnya, penjelasan mengenai elemen email adalah sebagai berikut:

Email – Earth

Business deals are negotiated through email, not twitter. This is why email is the foundation of your business communications. Good email marketing can be the earth beneath you feet, providing fertile grounds for growth.

Platform: Exact Target, Mailchimp, Constant Contact, iContact, Madmimi, Active Campaign, Aweber, Benchmark, Pinpoint, Mailigen, Emma, Vertical Response, GetResponse.

email marketingPenjelasan singkat mengenai email sebagai elemen earth (bumi/tanah) di atas cukup menggambarkan mengenai email ditaruh sebagai elemen tanah/bumi. Tanah merupakan tempat bertumbuhnya tanaman, sebagaimana email diharapkan dapat menjadi “tanah” bagi bisnis online yang kita lakukan.

Pentingnya email marketing

Email marketing menjadi sangat penting peranannya karena hampir semua transaksi bisnis di internet melalui email, mulai dari newsletter, sales letter, invoice, penawaran sampai ke konfirmasi pembayaran. Tentu Anda ingat, bagaimana Blackberry pada awalnya booming, hanya karena fitur Push Email. Komunikasi lewat email dianggap lebih personal dan lebih terkesan lebih manusiawi.

Namun saat ini, email marketing berada di area abu-abu. Sebagian besar orang mengganggap pelaksanaan email marketing adalah pemicu banyaknya spam di internet. Namun tidak sedikit juga yang merasakan bagaimana efektifnya email sebagai saranan penjualan.

Makanya saat ini efektifnya email marketing sangat ditentukan dari list atau database email konsumen Anda. Para pakar email marketing melakukan berbagai percobaan, trik untuk membangun list email yang sangat kuat, atau sering juga disebut dengan list building.

Teknik list building yang paling banyak digunakan adalah memberikan ebook, software atau produk digital lainnya secara gratis, yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Sebenarnya ada banyak lagi teknik list building, ada yang mulai dari blog, digital campaign (kampanye), di mana hasil akhirnya adalah meminta calon pembeli untuk mendaftarkan emailnya.

Berbagai platform yang disebutkan di atas adalah email marketing tools yang bisa digunakan untuk membantu proses email marketing. Semua memiliki keunggulan masing-masing dan harganya pun berbeda-beda untuk tiap platform. Tapi pada umumnya harga ditentukan oleh jumlah email yang bisa disimpan di dalam list, jumlah email yang bisa dikirim dalam suatu periode waktu.

Analogi untuk email marketing

Di atas saya sudah menuliskan bahwa email marketing berada di area abu-abu. Banyak yang bisa diperdebatkan karena beberapa teman ada yang berpendapat, kalau emang bisa menghasilkan profit tinggi, ya lakukan dengan gencar. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa proses pemasaran yang gencar bisa mengganggu bagi banyak orang.

Oleh karena itu, saya suka memberikan analogi email marketing itu sebagai sales door to door. Tidak sedikit yang merasa terganggu ketika pintunya diketok, ternyata sales. Apalagi kalo sales nya ngotot, sudah ditolak masih aja tetap nyerocos. Tapi bila ketemu rumah yang tepat, kebetulan sang pemilik rumah memerlukan produknya, sales tersebut pasti diterima dengan senang hati, dan menyaksikan demonya dengan antusias. Syukur-syukur bisa langsung terjual pada saat itu juga.

So, be creative. Banyak kok para internet marketer yang sangat ahli dalam list building di Indonesia, yang karena list nya potensial, dalam hitungan jam bisa menghasilkan ribuan dollar. Namun demi menjaga privasinya, tidak mungkin saya sebutkan atau colek satu per satu dalam artikel ini. Tapi yang pasti saya belum sampai di tahap tersebut, dan masih belajar dari mereka-mereka yang mahir email marketing.

One Comment on “Email Marketing – Earth Element”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *