Conversion Rate Optimization – Ether Element

Artikel ini merupakan kelanjutan dari 5 elemen inbound marketing. Pada artikel ini akan kita bahas elemen Ether, berupa design.

Design – Aether

Design is the force that binds all element of inbound marketing together. Good design, along with user experience, is one of the most fondational elements of all online marketing, because it directly affects convertions.

Practises: Branding/Identity, Website design, Mobile design, Interface Design, Infographics.

Tools: Coda, Photoshop, Illustrator, WordPress, Drupal

convertion rate optimization CRO

Credit: conversion-rate-experts.com

Jadi elemen ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan desain, yang berhubungan langsung dengan user.
Ether biasanya digunakan sebagai larutan yang berfungsi untuk mencampur berbagai larutan atau zat lainnya. Sama seperti Ether, desain merupakan elemen inbound marketing yang menggabungkan semua elemen lainnya. Logo, desain web, desain web untuk mobile/smartphone, grafis-grafis pada navigasi, tombol dan sebagainya adalah bagian dari elemen ini.

Elemen ini menjadi elemen pertama dibahas karena sangat penting dan berkaitan erat dengan yang namanya Conversion Rate Optimization, alias optimasi tingkat konversi. Tingkat konversi tentunya berkaitan dengan penjualan (e-commerce) atau mencapai/mengarahkan pengunjung website sesuai dengan yang kita inginkan.

CRO (Conversion Rate Optimization)

CRO adalah upaya untuk meningkatkan persentase pengunjung yang mengunjungi suatu landing page menjadi pembeli, member atau melakukan sesuatu yang kita inginkan, misalnya menjadi fans untuk Facebook page atau follower di twitter.

Beberapa hal yang mempengaruhi CRO (Conversion Rate Optimization)

  • Layout website
  • Desain website
  • Fixed, fluid atau responsive
  • Warna yang digunakan dalam desain, tombol, font (huruf)
  • Letak tombol aksi (Call to action)
  • Kata-kata yang digunakan untuk memberikan keterangan, alias content.

Untuk menghasilkan conversion rate yang baik, dibutuhkan banyak percobaan. Itu sebabnya ada website yang sering bergonta-ganti desain atau layout. Tujuannya untuk mencari desain atau layout dengan conversion rate lebih baik.

Melihat faktor-faktor di atas, beberapa yang beranggapan bahwa untuk melakukan Conversion Rate Optimization terlalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Layout dengan sidebar kanan, warna background putih, tombol warna biru, call to action di atas, kanan, kiri dsb. Ada ribuan kemungkinan yang bisa dihasilkan.

Jangan khawatir, untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan kita menggunakan berbagai tools atau alat bantu. Jadi intinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu heat zone di website kita. Heat zone itu adalah daerah/bagian dari website kita yang mendapatkan perhatian paling banyak dari pengunjung, dianalisis melalui cursor mouse dan click mouse. Dengan mengetahui heat zone, kita bisa menaruh bagian-bagian yang penting di bagian tersebut, bisa berupa kata-kata yang bisa men-sugesti atau tombol (button) Call to action-nya.

Beberapa tools yang dapat digunakan untuk mengetahui heat zone dalam rangka conversion rate optimization:

  • Situs clicktale.com (gratis dan premium)
  • Situs unbounce.com (premium, tapi dapat 30 hari gratis/trial)
  • Plugin WordPress: Roo Heatmap ($17)

Langkah selanjutnya dalam conversion rate optimization adalah A/B testing. A/B testing ini sama seperti namanya melakukan percobaan pada 1 komponen, misalnya tombol, dengan kemungkinan warna A atau warna B. Jadi percobaan ini tidak terbatas hanya pada tombol, bisa juga warna font, warna background, atau content.

Tools yang bisa digunakan untuk A/B testing:

Conversion Rate Optimization ini bukan ilmu pasti. Semua tergantung pengunjung website Anda. Jadi dalam hal ini Anda sebagai pemilik bisnis/website harus mengenal pengunjung website Anda. Jadi jangan heran jika menemukan website dengan desain biasa saja, tapi Anda dapat info kalau website tersebut bisa mendatangkan omset jutaan atau ratusan juta rupiah. Jadi intinya, kenali pasar Anda terlebih dahulu, baru kemudian lakukan conversion rate optimization.

Written on Thursday, August 8th, 2013 under : SEO with tags : , ,


    Leave a Reply :

  • Name :
  • Email :
  • URL :
  • Comment :


Search